Kamis, 23 Oktober 2014

Penjelasan Beserta Makna Yang Terkandung Dalam Tauhid Rububiyah

Penjelasan Beserta Makna Yang Terkandung Dalam Tauhid Rububiyah - Belajar Mengenai Tauhid Rububiyah, Maknanya Serta Bagimana Penjelasanya - Giat belajar adalah ilmu dalam dunia dan akhirat, dan ilmi ini tidak akan pernah mati samapai kapanpun, sekarang kita belajar mengenai ilmu tauhid. Sebenarnya Tauhid memiliki beberapa penjelasnnya akan tetapi masih tahap Belajar Mengenai Tauhid Rububiyah, Maknanya Serta Bagimana Penjelasanya.

Belajar mengenai  tauhid dalam agama islam itu sangatlah penting. Dikarenakan menurut ahli Tauhid adalah meyakini keesaan Allah dalam Rububiyah, ikhlas beribadah kepadaNya, serta menetapkan bagiNya Nama-nama dan Sifat-sifatNya. Dengan demikian, tauhid ada tiga macam: Tauhid Rububiyah , Tauhid Uluhiyah serta Tauhid Asma’ wa Sifat. Setiap macam dari ketiga macam tauhid itu memiliki makna yang harus dijelaskan agar menjadi terang perbedaan antara ketiganya.


Yaitu mengesakan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam segala perbuatanNya, dengan meyakini bahwa Dia sendiri yang menciptakan segenap makhluk. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Artinya : Allah menciptakan segala sesuatu …” [Az-Zumar: 62]
Bahwasanya Dia adalah Pemberi rizki bagi setiap manusia, binatang dan makhluk lainnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
“Artinya : Dan tidak ada suatu binatang melatapun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rizkinya, …” [Hud : 6]

Dan bahwasanya Dia adalah Penguasa alam dan Pengatur semesta, Dia yang mengangkat dan menurunkan, Dia yang memuliakan dan menghinakan, Mahakuasa atas segala sesuatu. Pengatur rotasi siang dan malam, Yang menghidupkan dan Yang mematikan. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

“Artinya : Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati, dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rizki siapa yang Engkau kehendaki tanpa hisab (batas).” [Ali Imran: 26-27]

Artikel menarik untuk dibaca;

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar