Jumat, 24 Oktober 2014

Mengapa Tertidur Diwaktu Khotbah Membatalkan Whudu ?

Mengapa Tertidur Diwaktu Khotbah Membatalkan Whudu ? - Yok Cari Tahu Apa Hukum Tidur Dengan Sengaja Dalam Sholat Jumat - Dalam Islam banyak sekali faktor yang perlu kita pahami, salah satunya kita harus mematuhi tentang sholat jumat, bukan dalam sholatnya yang akan dibahas pada kesempatan hari ini, akan tetapi akan membahas tentang hukum dan peraturan pada saat sholat jumat. Sholat jumat yang kita laksanakan setiap hari jumat ini ternyata banyak yang melakukan tidur saat khotbah berlangsung.

Disini kita mencoba untuk mentelaah mengapa demikian, hal tersebut sering kita lihat dalam barisan sholat jumat pasti ada satu atau dua orang yang melakukan hal tersebut, kita sering lihat kelakuan sebagian jamaah shalat Jumat seperti itu. Ngantuk berat memaksa mereka tidur di tengah khutbah Jumat. Bagaimana pandangan fikih mengenai fenomena ini?

Yang jelas tidak boleh sengaja tidur di tengah-tengah khutbah Jumat. Yang diperintahkan ketika imam menyampaikan khutbah adalah diam. Sebagian ulama melarang untuk duduk sambil memeluk lutut saat Jumatan. Di antara alasannya karena dikhawatirkan akan tertidur, sehingga wudhunya batal lalu tidak sampai mendengar khutbah.
Hadits yang dimaksud adalah dari Sahl bin Mu’adz dari bapaknya, ia berkata,
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- نَهَى عَنِ الْحُبْوَةِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ وَالإِمَامُ يَخْطُبُ
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dari duduk dengan memeluk lutut pada saat imam sedang berkhutbah.” (HR. Tirmidzi no. 514 dan Abu Daud no. 1110. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan).

Imam Nawawi membawakan perkataan Al Khottobi yang menyatakan,
نهي عنها لانها تجلب النوم فتعرض طهارته للنقض ويمنع من استماع الخطبة
“Duduk dengan menekuk lutut itu dilarang karena dapat menyebabkan tidur saat khutbah, dapat menyebabkan wudhu batal, juga jadi tidak mendengarkan khutbah.” (Al Majmu’, 4: 592).
Adapun jika tidurnya sampai nyenyak, hendaklah wudhunya diulangi. Karena tidur yang nyenyak termasuk membatalkan wudhu.

Itulah sebabnya mengapa dalam shalat jumat tidak diperbolehkan untuk tidur, dan marilah kita memberika informasi ini kepada teman - teman kita yang beraga islam lainnya. Semoga apa yang kita berikan bermanfaat dalam dalam agama islam dan ilmu pengetahaunan.

1 komentar: